Responsive Ads Here

Wednesday 14 August 2019

Cara Posting ke Beberapa Medsos Sekaligus

Jika Anda aktif di dunia maya terutama media sosial, bisa jadi Anda kerepotan dalam mengelola semua akun yang ada. Ketika ingin menyebarkan foto-foto liburan misalnya, Anda harus pergi ke setiap layanan dan membuat postingan yang sama ke masing-masing.
Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan manajer jejaring sosial yang memungkinkan Anda memantau dan mengirim, ke lebih dari satu jejaring sosial sekaligus. Alat-alat praktis ini dulunya lebih tersedia untuk pengguna reguler, tetapi sekarang, mayoritas penyedia menjualnya ke bisnis untuk tujuan pemasaran atau lainnya.
Namun, masih ada satu atau dua yang menawarkan versi gratis yang bisa memberi Anda kendali tambahan atas penggunaan jejaring sosial, salah satunya adalah Buffer.

Posting di Instagram menggunakan Buffer

Aplikasi manajer jejaring sosial bernama Buffer cukup cerdik mengatasi batasan-batasan Facebook. Begini cara kerjanya: Akun Buffer memungkinkan Anda mendaftar hingga tiga akun; termasuk Facebook Page, grup Facebook, Instagram, Twitter, halaman LinkedIn, atau profil LinkedIn. (Buffer juga mengeposkan ke Pinterest, tetapi Anda tidak dapat melakukannya di akun gratis.)
Katakanlah Anda ingin memposting foto dari ponsel Anda ke tiga layanan berbeda (Twitter, Instagram, dan Facebook) pada pukul 14:00 hari ini.
Dengan asumsi Anda telah mengunduh aplikasi Buffer dan mendaftar:
  1. Pilih foto yang ingin diposting, bagikan dari galeri Anda ke Buffer.
  2. Pilih akun yang ingin dikirimi foto dengan mengetuk tanda plus di atas. Ketikkan teks yang ingin disertakan dengan foto. Anda juga dapat menambahkan foto atau video tambahan.
  3. Jika ingin mengirim teks yang berbeda ke layanan yang berbeda (misalnya, jika Anda ingin mengirim tagar ke akun Twitter tetapi tidak ke akun Instagram), ketuk “Kustomisasi” di bagian bawah layar.
  4. Saat siap, ketuk “Bagikan”. Anda dapat memilih untuk membagikannya sekarang, membuat jadwal khusus, atau menambahkannya ke antrian yang telah diatur sebelumnya (jadwal posting yang dapat dibuat). Jika ingin posting satu kali, ketuk pada “Jadwal kustom.”
  5. Pesan Twitter akan secara otomatis dikirim ke Twitter pada waktu yang ditentukan. Namun, Anda akan mendapatkan notifikasi di ponsel ketika saatnya memposting pesan Instagram.
  6. Pada waktu yang ditentukan, Buffer akan mengirimi Anda pemberitahuan, dan memberi opsi untuk menghentikan pemberitahuan. Jika ingin memposting pesan, ketuk “Posting!”
  7. Anda akan ditanya apakah Anda ingin mempostingnya ke sebuah Cerita (story) atau Umpan (feed). Biasanya posting ke Feed.
  8. Di Instagram, Anda bisa memotong foto atau mengubah warnanya.
  9. Halaman Instagram terakhir akan menunjukkan fotonya kepada Anda. Buffer secara otomatis memasukkan caption ke cache ponsel, jadi cukup tekan ke area caption dan sematkan. Anda juga dapat memilih untuk memposting foto ke Facebook, Twitter, atau Tumblr.
  10. Terakhir, ketuk “Bagikan.”
Mungkin ini terkesan agak rumit. Tapi begitu Anda terbiasa, itu cara yang baik untuk menjadwalkan posting ke Instagram dan Twitter atau Facebook sekaligus.
Cara lain adalah dengan menggunakan fitur Instagram untuk memposting ke Facebook, Twitter, atau Tumblr. Namun gambar-gambar itu tidak ditampilkan di feed, Anda harus mengikuti tautan ke Instagram untuk melihatnya. Tentu ini bukan postingan ideal yang Anda inginkan.
Dan jika Anda menginginkan lebih banyak fitur, seperti kemampuan mengelola hingga delapan jejaring sosial, versi Pro Buffer berharga $15 per bulan.